Rabu, 23 Januari 2013

Ciri Khusus pada Tumbuhan

a.    Mempunyai batang berongga
    Contoh tumbuhan yang mempunyai batang berongga yaitu teratai, kangkung, dan eceng gondok. Batang berongga berisi udara sehingga tanaman tersebut dapat mengapung di air.
b.     Mempunyai daun lebar dan tipis
    Contoh tumbuhan yang berdaun lebar dan tipis yaitu talas dan teratai. Daun lebar dan tipis berguna untuk mempercepat penguapan air.
c.     Bunganya berbau busuk
    Contoh tumbuhan yang bunganya mengeluarkan bau busuk yaitu raflesia dan bunga bangkai. Bau busuk tersebut berfungsi untuk meinikat dan memandu lalat untuk datang. Lalat tersebut akan membantu proses penyerbukan sehingga raflesia dapat berkembang biak.
d.    Berdaun kecil menyerupai duri
    Contoh tumbuhan berdaun kecil menyerupai duri yaitu kaktus. Kaktus mempunyai daun kecil menyerupai duri yang berguna untuk mengurangi penguapan air.
e.    Menghasilkan cairan untuk mencerna serangga
    Contoh tumbuhan yang menghasilkan cairan untuk mencerna serangga yaitu kantong semar dan tumbuhan venus. Tumbuhan ini akan mencerna serangga yang terperangkap menggunakan cairan khusus, selanjutnya menyerap cairannya.
f.    Mempunyai batang berduri
    Contoh tumbuhan yang memiliki batang berduri adalah tanaman mawar. Batang berduri digunakan sebagai alat untuk melindungi diri terhadap gangguan musuh.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar